Tuesday 10 April 2012

Olahraga yang Pas Dilakukan Buat Sejoli

Putro Agus Harnowo - detikHealth


img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Melakukan olahraga sendirian terkadang membosankan dan sulit dijaga konsistensinya. Melakukan olahraga bersama pasangan akan jauh lebih menyenangkan dan memperkuat hubungan.

Seperti dilansir Nine MSN, Selasa (10/4/2012), berikut adalah beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan bersama pasangan.

Tinju atau kickboxing
Berlatih tinju dapat menjadi olahraga yang menyenangkan bersama pasangan. Di sela-sela bertinju, beberapa aktivitas lain dapat dimasukkan seperti berjalan singkat dan melatih kekuatan tubuh bagian bawah atau perut.

Jika pasangan pria dianggap terlalu kuat untuk wanita, ubahlah gaya latihan. Ganti olahraga untuk melatih kekuatan pukulan dengan latihan memukul cepat. Pasangan wanita harus bisa memukul sekeras mungkin. Agar lebih banyak membakar energi, cobalah lakukan kickboxing.

Oper bola
Pasangan duduk terpisah sekitar 1 meter dengan menghadap arah yang sama, bukan berhadap-hadapan. Pastikan lutut tidak ditekuk dan telapak kaki menghadap ke depan. Saat salah satu pasangan memegang bola seberat 5 kg, kedua pasangan menarik badan ke belakang sebesar 30 derajat dan pastikan punggung tetap lurus.

Putar badan ke samping dan berikan bola kepada pasangan. Setelah menerima bola, rebahkan badan hingga hampir menyentuh tanah kemudian oper kembali kepada pasangan. Terus lakukan pola ini sampai kedua pasangan tidak lagi dapat melakukan oper bola dengan teknik yang bagus.

Jongkok bersamaan
Berdiri menghadap pasangan dengan kaki berjarak sekitar 30 cm sambil berpegangan tangan. Salah satu pasangan kemudian jongkok sampai pantat hampir menyentuh tanah. Pasangan yang tidak jongkok mengikuti posisi jongkok pasangannya dengan menurunkan pantat sedikit ke bawah dan menekuk lutut 90 derajat dengan tetap memegang tangan pasangan.

Pertahankan agar punggung tetap lurus sambil tetap menatap mata pasangan. Kedua pasangan bangkit bersamaan dan bergantian melakukan posisi jongkok dan tidak jongkok.

Gerobak kaki
Salah satu pasangan melakukan posisi push-up, sedangkan pasangan lainnya mengangkat kedua kaki pasangannya sambil lutut sedikit ditekuk dan punggung tetap lurus. Pegang kaki pasangan sehingga kedua kaki terangkat dan tubuhnya lurus horisontal.

Lepas pegangan di kaki kanan dan pasangan akan menahannya kakinya agar tidak terjatuh dan memukul tanah. Peganglah kaki kanan lagi dan kemudian lepaskan kaki lainnya. Jika ingin lebih seru, jangan memberitahu pasangan kaki apa yang akan dilepas.

Tiarap dan tangan bersentuhan
Lakukan posisi push-up dengan pasangan terpisah berjarak 1 meter dan kepala saling berhadapan. Pastikan tubuh segaris lurus dari kepala ke lutut atau kaki. Kaki boleh dibuka lebar.

Kedua pasangan mengangkat tangan kanan dan saling menyentuhkan telapak tangan. Letakkan tangan kembali ke tanah dan ganti lakukan dengan tangan kiri. Lakukan gerakan ini tanpa memutar panggul atau kehilangan kontrol tubuh.



No comments: