Monday 11 May 2009

Dikira Gizi Buruk, Ternyata Balita Mengidap HIV/AIDS

Senin, 11 Mei 2009 | 15:07 WIB

MALANG, KOMPAS.com — Sebanyak 14 balita di Kabupaten Malang, Jawa Timur, dinyatakan positif mengidap virus HIV, bahkan tiga di antaranya positif AIDS.

Ketua Komisi Pemberantasan AIDS (KPA) Kabupaten Malang Adi Purwanto, Senin, mengakui, ke-14 balita pengidap HIV/AIDS tersebut tertular dari ibu kandung mereka, dan si ibu tertular dari suaminya.

Awalnya, kata Adi, dinkes setempat menyimpulkan balita bersangkutan secara fisik seperti penderita gizi buruk, tapi dinkes tidak yakin sebab asupan gizi balita itu bagus sehingga dilakukan pemeriksaan lebih rinci yang hasilnya ternyata mereka mengidap HIV/AIDS. "Semula kami beranggapan balita yang badannya kurus dan tidak ceria itu penderita gizi buruk dan setelah dilakukan pemeriksaan rinci ternyata balita bersangkutan mengidap HIV/AIDS seperti yang dialami balita dari Kecamatan Karangploso," katanya.

Menurut dia, penanganan ke-14 balita tersebut dilakukan secara terus-menerus dengan memantau perkembangannya, termasuk pemberian obat-obatan dan secara berkesinambungan juga dikoordinasikan dengan berbagai pihak, terutama dinkes dan LSM Paramitra yang selama ini konsen terhadap penyakit HIV/AIDS. Ke-14 balita yang mengidap HIV/AIDS tersebut terdeteksi selama kurun waktu tahun 2009 (Januari-Maret).

Sumber : Kompas.com

No comments: