Tuesday 7 July 2009

Anti-CCP IgG Penanda Rheumatoid Arthritis

Cak Hendrie datang lagi nih..bawa oleh2 cerita tentang Anti CCP IgG,apa sih anti ccp IgG tu...yawda sok atu kita bahas rame-rame...

Apa itu Rheumatoid Arthitis(RA)?

Rheumatoid Arthritis ato yg biasa disingkat RA adalah penyakit autoimun (peny.yg terjadi pada saat tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri) yg mengakibatkan peradangan dlm waktu lama pada sendi.Penyakit ini menyerang persendian,biasanya mengenai banyak sendi yg ditandai dg radang pada membran sinovial dan struktur sendi serta atrofi otot dan penipisan tulang.
Berdasarkan study RA lebih banyak terjadi pada wanita daripada kasus yang terjadi pada pria.

Umumnya penyakit ini menyerang pada sendi-sendi bagian jari ,pergelangan tangan ,bahu lutut dan kaki. Pada penderita stadium lanjut akan membuat si penderita tidak dapat melakukan aktifitas sehari-hari dan kualitas hidupnya menurun. Gejala yg lain yaitu berupa demam, nafsu makan turun,berat badan menurun, lemah, dan kurang darah. Namun kadang kala si penderita tidak merasakan gejalanya. Diperkirakan kasus Rhematoid Arthritis diderita pada usia diatas 18 tahun dan berkisar 0,1 % sampai dengan 0,3 % dari jumlah penduduk Indonesia.

Gejala RA :

RA umumnya ditandai dengan adanya beberapa gejala yang berlangsung selama minimal 6 minggu, yaitu :
1. Kekakuan pada dan sekitar sendi yang berlangsung sekitar 30-60 menit di pagi hari.
2. Bengkak pada tiga atau lebih sendi pada saat yang bersamaan.
3. Bengkak dan nyeri umumnya terjadi pada sendi-sendi tangan.
4. Bengkak dan nyeri umumnya terjadi dengan pola yang simetris(nyeri pada sendi yang sama dikedua sisi tubuh.) dan umumnya menyerang sendi pergelangan tangan.

Pada tahap yang lebih lanjut,RA dapat dikarakterisasi juga dengan adanya nodul-nodul rheumatoid, konsentrasi rheumatoid faktor(RF) yg abnormal dan perubahan radiografi yg meliputi erosi tulang.

PENANDA RA YANG TERDAHULU

Rheumatoid Factor(RF) merupakan antibodi yg sering digunakan dlm diagnosis RA dan sekitar 75 % individu yg mengalami RA juga memiliki nilai RF yg positif. kelemahan RF antara lain krn nilai RF positif juga terdapat pd kondisi penyakit autoimun lainnya ,infeksi kronik, dan bahkan terdapat pada 3-5 % poulasi sehat.(terutama individu usia lanjut)

ANTI -CCP IgG

Merupakan penanda RA yg baru dan banyak digunakan dalam diagnosis kondisi RA. Beberapa kelebihan Anti-CCP IgG dalam kondisi RA antara lain:

1. Anti CCP IgG dapat timbul jauh sebelum gejala klinik RA muncul.
2. Anti CCP IgG sangat specifik untuk kondisi RA
3. Anti CCP IgG dapat menggambarkan resiko kerusakan sendi lebih lanjut.

Ya begitulah ngobrol-ngobrol kita tentang rhematod arthritis, gimana cara deteksinya dan lain-lain.....ok kita cukupkan dulu...sampai ketemu dengan postingan yang lain dari cak hendrie....dan INGAT BESOK TANGGAL 8 JULI 2009 JANGAN LUPA DATANG KE TPS TERDEKAT UNTUK MENYONTRENG PRESIDEN KITA...HIDUP INDONESIA ...DAN MERDEKA....!!!!!

No comments: