Friday 20 February 2009

Uji Saring Mikroalbuminuria

Untuk Penderita Diabetes dan Hipertensi



APAKAH Mikroalbuminuria itu?

Mikroalbuminuria adalah suatu keadaan dimana terdapat albumin di dalam urine sebesar 20 - 199 ug/menitapabila menggunakan sampel urine sewaktu atau 30 - 299 mg/24 jam apabila menggunakan sampel urine 24 jam.


Kapan sebaiknya Uji Saring Mikroalbuminuria dilakukan?

1. Pasien diabetes Tipe 1
Uji saring Mikroalbuminuria sebaiknya diperiksa pada masa pubertas atu setelah 5 tahun didiagnosa diabetes tipe 1

2. Pasien diabetes Tipe 2
Uji tersebut dilakukan pada saat didiagnosa diabetes tipe 2 dan setahun sekali sebagai bagian dari pengelolaan diabetes.

3. Penderita Hipertensi
Disarankan minimal 1-2 kali dalam setahun sebagaimana halnya pemantauan fungsi ginjal atau sesuai dengan anjuran dokter.


Bagaimana Mengetahui Terjadinya Mikroalbuminuria?

Untuk mengetahui keadaan mikroalbuminuria dilakukan dengan pemeriksaan mikroalbuminuria urine. Mikroalbuminuria dapat diukur secara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan sampel urine.


Persiapan Pasien Untuk Pemeriksaan Mikroalbuminuria

Sampel yang digunakan adalah urine yang dikumpulkan selama 24 jam dan tidak boleh terbuang.Selain dengan urine 24 jam dapat digunakan urine sewaktu.Tetapi apabila menggunakan urine sewaktu harus diperiksa creatinin darahnya sebagai koreksi.

Mengapa Penderita DM perlu melakukan Uji saring MIkroalbuminuria

karena DM kalau dibiarkan akan menyebabkan komplikasi penyakit ginjal yang disebut nefroti diabetik. Tahap paling awal adanya nefroti diabetik adalah mikroelbuminuria.Diagnosis nefroti diabetik dapat ditegakkan jika pada 5 dari 3 pemeriksaan dalam 3-6 bulan ditemukan albumin dalm urine 24 jam >30 mg tanpa ada penyebab albuminuria yang lain.

No comments: