Wednesday 15 April 2009

Deteksi Dini Demam Dengue

Hai...pakabar semuanya...
hari ini cak hendrie mo ngobrolin masalah DHF/Demam dengue..
karena tadi cak hendrie kedatangan tamu yang periksa darah dan ternyata positif kena DHF satu keluarganya...
ok kita mulai...

Demam Dengue adalah penyakit yg disebabkan virus dengue yg masuk ke tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes yang terinfeksi,terutama Aedes aegypti.
Demam dengue merupakan demam virus akut yg umumnya disertai sakit kepala,nyeri otot,sendi atau tulang,ruam,gejala-gejala penurunan jumlah sel darah putih.

DEMAM BERDARAH DENGUE

Dengue haemorrhagic fever(DHF) atau DBD adalah demam dengeu yg ditunjukkan dg gejala klinis utama: demam tinggi, fenomena perdarahan sering dengan pembesaran hati dan pada beberapa kasus yg parah ditandai dengan gangguan sirkulasi.
Infeksi virus dengue dengan manifestasi klinis yang berat dapat berkembang menjadi penurunan volume cairan sirkulasi/plasma dalam tubuh(hipovolemia) yg disebabkan perdarahan plasma yang disebut dengue shock syndrome(DSS).

Trus apa yang harus dilakukan jika kita temukan gejala infeksi virus dengue???

Jika terdapat gejala infeksi virus dengue segera lakukan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui ada tidaknya infeksi virus dengue tersebut.

Jika dulu kita bila melakukan tes untuk mengetahui ada DBD atau tidak baru ketahuan stelah demam 3-5 hari sekarang telah ditemukan tes yang namanya tes Dengue NS1 Antigen pemeriksaan tersebut bisa mendeteksi adanya virus dengue pada hari 1-3 panas/terjadi infeksi.disamping dilakukan juga pemeriksa Hematologi rutin untuk mengetahui jumlah sel darah terutama sel trombosit.

Untuk itu marilah kita jaga lingkungan kita dari nyamuk demam berdarah...
ingat 3M.
o ya jangan lupa tetap cek kesehatan anda...dan lakukan cek kesehatan berkala di laboratorium.
JIka ada hal yang kurang jelas bisa hubungi lab.Prodia terdekat...


Sumber: Leaflet Prodia

No comments: