Friday 3 April 2009

NT-proBNP Sebagai "Alarm" Gagal Jantung


NT-proBNP akan dilepaskan kedalam sirkulasi darah pada waktu terjadi regangan otot jantung(dikarenakan peningkatan tekanan,volume atau perubahan struktur dan fungsi otot jantung).Penentuan konsentrasi NT-proBNP secara akurat dapat digunakan sbg penanda resiko status Gagal Jantung ,keparahan gangguan fungsi jantung,menilai perjalanan penyakit serta memantau pengobatan Gagal Jantung.


Jantung,Bekerja Tanpa Henti

Jantung mempunyai peran vital,memompa darah agar mengalir ke seluruh tubuhuntuk mendistribusikan oksigen dan nutrisi guna menghidupi sel-sel diseluruh tubuh. Ukurannya kecil hanya sebesar genggaman tangan pemiliknya, tetapi dia sangat kuat mampu bekerja siang malam tanpa henti,bahkan ketika pemiliknya sedang tidur.Sebegitu besar peran jantung bagi tubuh kita maka seyogyanya kita harus menjaganya.Terlebih lagi bagi para penyandang DM dan Hipertensi,mereka perlu memberikan perhatian lebih karena DM dan Hipertensi dapat menyebabkan kerusakan jantung dan memberatkan kerja jantung shg lama-kelamaan jantung jadi kerjanya melemah atau bahasa kerennya Gagal Jantung.
Jika kita punya DM dan tidak terkendali maka Risiko Gagal Jantung semakin Tinggi.Berdasarkan Sebuah study(Framingham Heart Study) menemukan angka kejadian Gagal Jantung pada DM laki-laki dua kali lipat dan perempuan 5 kali lipat dari orang sehat.Jika pada penderita DM tdk ditatalaksana dengan baik bisa menyebabkan strukturr dan fungsi jantung terganggu atau bahasa kerennya Kardiomiopati Diabetes,dan bila terus menerus bisa terjadi Gagal Jantung. Rusaknya struktur dan fungsi otot jantung menyebabkan terjanya regangan otot jantung dan memicu pelepasan NT-proBNP kedalam sirkulasi darah.
Bila anda hipertensi,Gagal Jantung perlu diwaspadai.
Tekanan Darah tinggi atau hipertensi banyak dijumpai dimasyarakat.tetapi sering tidak disadari karena tidak adanya gejalanya tidak tampak jelas/samar.Tetapi jika hipertensi dibiarkan akan menyebabkan kerja otot jantung semakin keras,dan otot jantung akan menyesuaikan diri dengan cara menebal dan jika berlangsung lama maka jantung akan berdilatasi atau membesar agar dapat menahan tekanan dan menampung volume darah yang meningkat. Akibatnya kemampuan jantung untuk memompa darah terganggu makin lemah dan akhirnya tidak berfungsi atau terjadi Gagal Jantung..
Pada saat terjadi peningkatan tekanan dan volume darah pada jantung,otot jantung meregang dan hal ini memicu pelepasan NT-proBNP ke dalam sirkulasi darah.Maka penderita hipertensi disarankan melakukan pemeriksaan NT-proBNP untuk mendeteksi dini terjadinya Gagal Jantung.

NT-proBNP sebagai Penanda Gagal Jantung

NT-proBNP dilepaskan kedalam sirkulasi darah pada waktu terjadi regangan otot jantung ketika terjadi peningkatan volume,tekanan atau perubahan struktur dan fungsi otot jantung.Karena itu,NT-proBNP dapat digunakan sebagai penanda Gagal Jantung.
Sebagai penanda Gagal Jantung NT-proBNP disarankan untuk dilakukan oleh orang yang memiliki risiko tinggi terjadinya Gagal Jantung yaitu penyandang diabetes dan hipertensi, tujuannya untuk mendeteksi Gagal Jantung secara dini.
Selain untuk deteksi dini Gagal Jantung,pemeriksaan NT-proBNP juga digunakan untuk:
- Diagnosis Gagal Jantung pada orang dengan keluhan sesak nafas.
- Memperkirakan keparahan gangguan fungsi jantung.
- Meramalkan perjalanan penyakit (Gagal Jantung)
- Memantau pengobatan pasien Gagal Jantung.

Sumber: Leaflet Prodia

No comments: